PROPOSAL MANAJEMEN PROYEK
PENGEMBANGAN IT SECURITY
PADA E-BANKING
Disusun oleh :
M.
Zhahir Arief Tajudin
(25113610)
2KB04
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM
KOMPUTER
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI .................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR ..................................................................................................... ii
RINGKASAN
..................................................................................................................iii
BAB
I : PENDAHULUAN ...............................................................................................1
1.1
Latar belakang ................................................................................................ 2
1.2
Tujuan ............................................................................................................. 2
1.3
Manfaat .......................................................................................................... 3
BAB II : ANALISIS PERUSAHAAN .......................................................................... ..4
1.1
Prospek Usaha ................................................................................................ 4
1.2
Sasaran ............................................................................................................ 4
1.3
Evaluasi Tentang Usaha (Analisis SWOT)...................................................... 4
BAB
III : TINJAUAN PUSTAKA ....................................................................................6
3.1 Pengertian
E-Banking ......................................................................................6
BAB
VI : BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN .......................................................... ..7
4.1 Anggaran
Biaya .............................................................................................. 7
4.2 Jadwal
Kegiatan ............................................................................................. 8
BAB
V : PENUTUP ........................................................................................................ 9
4.1
Kesimpulan dan Saran .................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA .................................................................................................... 10
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya,
sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Terdorong
oleh rasa ingin tahu, kemauan, kerja keras dikerahkan demi meweujudkan
keinginan ini. Semoga tulisan ini dapat memenuhi kewajiban saya dalam tugas
materi Manajemen Proyek&Resiko
Adapun
harapan saya, semoga tulisan ini dapat menambah pula wawasan terhadap Penerapan
Manajemen serta dapat memahami apa itu Manajemen Proyek dan sebagainya.
Saya
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna untuk itu saya
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan
tugas makalah ini.
Depok,
Desember 2014
Penulis
RINGKASAN
Manajemen
Proyek adalah kegiatan dimana sangat membutuhkan sistem perencanaan,
pengorganisasian, dan proses pengarahan terhadap suatu objek agar dapat
mencapai tujuan tertentu. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan
bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan,
dan perbaikan yang berkelanjutan. Di zaman yang sudah ‘wah’ ini teknologi makin hari semakin canggih, dan
dari hari ke hari pun begitu tindak kriminalnya semakin tidak masuk diakal,
apapun cara bisa dilakukan sebagai tindak kejahatan. Proses pengiriman dan
transaksi uang sudah bisa menembus ruang dan waktu akan tetapi hal ini tidak
lepas dari tindak kriminal. Sebagai contoh nasabah bank tidak memanfaatkan
fasilitas E-Banking karena banyak tindak kriminal seperti pencurian account
data sehingga uang nasabah hilang secara tiba-tiba. Dengan adanya “Sistem
Keamanan Pada Fasilitas IT” sehingga dapat memberikan solusi pada perusahaan
khususnya perusahaan bank untuk memperketat keamanan sistem yang berbasis IT.
BAB
I
PENDAHULUAN
Manajemen
merupakan proses dimana ada suatu organisasi yang terdiri dari beberapa
individu-invidu yang terlibat untuk melakukan proses perencanaan,
pengorganisasian serta menjalankan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas
produksi. Sedangkan Proyek adalah suatu usaha yang kompleks, tidak rutin,
dibatasi oleh waktu, anggaran, resourcedan spesifikasi yang telah dirancang
untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi disimpulkan manajemen proyek
dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan,
pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang
dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya
tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang
menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan perbaikan.
Di
Manajemen Proyek dibutuhkan Seorang Manajer Proyek. Seorang manager proyek
merupakan seorang professional dalam bidang manajemen proyek. Manajer proyek
memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan
sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi,
arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja
yang baik, sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang
berkualitas baik serta memiliki kompetensi yang disyaratkan. Untuk menjadi
manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke
sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
Manajemen
Ruang Lingkup
Manajemen
Waktu
Manajemen
Biaya
Manajemen
Kualitas
Manajemen
Sumber Daya Manusia
Manajemen
Pengadaan
Manajemen
Komunikasi
Manajemen
Resiko
Manajemen
Integrasi
1.1
Latar Belakang
Zaman
sekarang perkembangan Teknologi Informatika dari hari ke hari semakin canggih,
dari yang awalnya kita harus dipusingkan dengan Teknologi yang begitu rumit dan
banyak membuang waktu dan tidak dipungkiri setiap hari masyarakat membutuhkan teknologi yang dapat membantu
aktivitas mereka tanpa harus membuang-buang waktu, khususnya di daerah
perkotaan. Orang-orang semakin lama semakin sibuk sehingga mereka menginginkan
sesuatu yang instant. Misalnya pada bidang perbankan dulu masyarakat jika ingin
bertransaksi harus datang dulu ke bank belum lagi dengan masalah mengantri,
tetapi sekarang? masyarakat dimanjakan dengan Teknologi yang mudah dan praktis
yang biasa disebut dengan E-banking.
Indonesia
merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia dengan jumlah
penduduk 200 juta lebih. Hal ini membuat persaingan dalam meperoleh pekerjaan
sangat ketat mengingat Indonesia merupakan negara yang belum maju (masih
berkembang). Karena begitu sulit mendapatkan pekerjaan, berbagai jalan pintas
pun dipilih seperti mencuri, merampok, dan berbagai tindakan kriminal lainnya
seperti contoh pembobolan sistem dalam jaringan bank. Pada zaman sekarang ini
teknologi sudah semakin canggih begitu pula tindak kriminalnya. Proses
pengiriman dan transaksi uang sudah bisa menembus ruang dan waktu akan tetapi
hal ini tidak lepas dari tindak kriminal. Banyak nasabah bank tidak
memanfaatkan fasilitas E-Banking karena banyak tindak kriminal seperti
pencurian account data sehingga uang nasabah hilang secara tiba-tiba. Maka dari
itu PT Mael IT Corporation didirikan untuk memecahkan masalah yang sedang
terjadi di dunia perbankan.
1.2
Tujuan
Adapun
tujuan pendirian perusahaan ini yaitu memperkenalkan produk software yang dapat
membantu perusahaan-perusahaan berbasis IT khusunya perbankan untuk :
1. Memecahkan
masalah untuk mengantisipasi praktik cyber crime
2. Memberikan
solusi pada perusahaan khususnya perusahaan bank untuk memperketat keamanan
sistem yang berbasis IT, seperti transaksi ATM, E-Banking, proteksi account
bank, dll
3. Mencegah
terjadinya kerusakan sistem database, pencurian dan perusakkan data (Cracker)
1.3
Manfaat
Adapun
manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan perbankan yaitu :
1. Terjaminnya
keamanan sistem database suatu bank dari berbagai tindak kejahatan seperti
pencurian data, perusakkan sistem dan penggandaan data.
2. Mereduksi
tindak kejahatan pada perusahaan perbankan, terutama memperkuat keamanan
fasilitas E-Banking dan ATM.
BAB
II
ANALISIS
PERUSAHAAN
2.1
Prospek Usaha
Dengan
berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang IT ini dan semakin berkembangnya
peran teknologi dalam kehidupan masyarakat, maka perusahaan ini diprediksikan
akan terus bertahahan dan maju untuk membantu perusahaan-perusahaan yang
berbasis IT khusunya perbankan untuk membantu pengamanan fasilitas IT atau
E-Banking pada perbankan sehingga mereduksi terjadinya tindak kriminal.
2.2
Sasaran
Produk
software ini bertujuan untuk memberikan sistem keamanan pada fasilitas IT.
Sehingga perusahaan-perusahaan yang memiliki fasilitas IT dan sistem database
seperti E-Banking pada perbankan menjadi partner yang tepat untuk dijadikan
mitra kerja sama dalam pengembangan software ini.
2.3
Evaluasi tentang Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
Dengan
produk IT yang berkualitas, perusahaan ini dapat memenuhi kebutuhan client
(Perusahaan berbasis IT) yang membutuhkan pengamanan sistem IT perusahaan yang
membutuhkan seperti perusahaan perbankan.
Weaknes (Kelemahan)
Persaingan
pasar dengan perusahaan luar yang memiliki sumber daya manusia lebih handal dan
juga fasilitas teknologi yang lebih memadai.
Oportunity (Peluang)
Peluang
sangat terbuka karena banyak perusahaan yang membutuhkan pengamanan untuk
fasilitas IT perusahaan mereka
Threaty (Ancaman)
Munculnya
Perusahaan – perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan
kami sehingga menimbulkan persaingan.
BAB III
TINJAUAN PUSTAKA
3.1
Pengertian E-Banking
Perbankan
Elekronik (E-banking) yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini
adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet
dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu,
makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang
diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang
Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi
informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan
nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan
tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana
saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi
teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi,
efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem
penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya
aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking
tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam
penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk
dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk
bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari
internet banking antara lain:
1. aplikasi
mudah digunakan
2. layanan
dapat dijangkau dari mana saja
3. murah
4. dapat
dipercaya
5. dapat
diandalkan (reliable)
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1
Anggaran Biaya
NO
|
JENIS
BIAYA
|
RINCIAN
|
BIAYA
(Rp)
|
|
1
|
Penyusunan
Anggaran
|
|
Rp.
2.000.000
|
|
2
|
Manajemen
Proyek
|
Tim
Manajemen Programmer
Karyawan
|
Rp.
500.000.000
|
|
Rp.
100.000.000
|
||||
3
|
Hardware
|
Pembelian
Hardware
Pemasangan
Hardware
|
Rp.
800.000.000
|
|
Rp.
100.000.000
|
||||
4
|
Software
|
Pembelian
Software
|
Rp.
50.000.000
|
|
5
|
Data
|
Penginputan
Data
Backup
Data
|
Rp.
60.000.000
|
|
Rp.
45.000.000
|
||||
6
|
Keamanan
|
Perawatan
Keamanan
|
Rp.
400.000.000
|
|
7
|
Biaya
Tak Terduga
|
Kerusakan
Hardware, Dll
|
Rp.
200.000.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 2.657.000.000
|
|||
4.2
Jadwal
Kegiatan
Kegiatan
|
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
Agu
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
|||||||
Analisa
dan Perencanaan
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Manajemen
Proyek
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Pembuatan
Anggaran
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Penyediaan
Hardware
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Pemasangan
Hardware
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Penginstalan
Software
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Pembuatan
Program
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Penginputan
Data
|
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Pengawasan
dan Perawatan Proyek
|
|
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||||||
BAB
V
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran
E-Banking
merupakan suatu fasilitas yang ditawarkan oleh bank untuk membantu orang-orang
dalam melakukan transaksi dengan lebih mudah dan praktis tanpa perlu pergi ke
Bank. Tentunya fasilitas ini dibuat dengan memiliki kelebihan dan
kekurangannya. Penggunaan Internet dalam teknologi ini semakin membuat
orang-orang nyaman karena pastinya teknologi ini dapat digunakan kapanpun dan
dimanapun tanpa khawatir terlambat dalam bertransaksi. Melalui penggunaan
internet inilah muncul cyber-cyber yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan.
Pihak Bank tentunya tidak hanya tinggal diam dalam hal ini. Meningkatkan
keamanan dan perawatan fasilitas merupakan suatu layanan untuk memuaskan para
pemakai jasa ini. Sehingga kualitas pelayanan E-Banking akan selalu terjaga.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking
http://suhanda666.wordpress.com/2011/05/25/e-banking/
http://annabelajarngeblogs.blogspot.com/2012/04/elektronik-perbankan-e-banking.html
http://muaramasad.blogspot.com/2013/01/pengertian-telematika-dan-e-banking.html
0 komentar:
Posting Komentar