Kamis, 11 Desember 2014

Proposal Manajemen Proyek

PROPOSAL MANAJEMEN PROYEK
PENGEMBANGAN IT SECURITY PADA E-BANKING



Disusun oleh :
M. Zhahir Arief Tajudin
(25113610)
2KB04


  
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA

2014




DAFTAR ISI

DAFTAR ISI .................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR ..................................................................................................... ii
RINGKASAN ..................................................................................................................iii
BAB I : PENDAHULUAN ...............................................................................................1
1.1  Latar belakang ................................................................................................ 2
1.2  Tujuan ............................................................................................................. 2
1.3  Manfaat ..........................................................................................................  3
BAB  II : ANALISIS PERUSAHAAN .......................................................................... ..4
1.1  Prospek Usaha ................................................................................................ 4
1.2  Sasaran ............................................................................................................ 4
1.3  Evaluasi Tentang Usaha (Analisis SWOT)...................................................... 4
BAB III : TINJAUAN PUSTAKA ....................................................................................6
3.1  Pengertian E-Banking ......................................................................................6
BAB VI : BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN .......................................................... ..7
4.1  Anggaran Biaya .............................................................................................. 7
4.2  Jadwal Kegiatan ............................................................................................. 8
BAB V : PENUTUP ........................................................................................................ 9
4.1  Kesimpulan dan Saran .................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................... 10



KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Terdorong oleh rasa ingin tahu, kemauan, kerja keras dikerahkan demi meweujudkan keinginan ini. Semoga tulisan ini dapat memenuhi kewajiban saya dalam tugas materi Manajemen Proyek&Resiko
Adapun harapan saya, semoga tulisan ini dapat menambah pula wawasan terhadap Penerapan Manajemen serta dapat memahami apa itu Manajemen Proyek dan sebagainya.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan tugas makalah ini.

Depok, Desember  2014

  
 Penulis










RINGKASAN
Manajemen Proyek adalah kegiatan dimana sangat membutuhkan sistem perencanaan, pengorganisasian, dan proses pengarahan terhadap suatu objek agar dapat mencapai tujuan tertentu. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan, dan perbaikan yang berkelanjutan. Di zaman yang sudah ‘wah’  ini teknologi makin hari semakin canggih, dan dari hari ke hari pun begitu tindak kriminalnya semakin tidak masuk diakal, apapun cara bisa dilakukan sebagai tindak kejahatan. Proses pengiriman dan transaksi uang sudah bisa menembus ruang dan waktu akan tetapi hal ini tidak lepas dari tindak kriminal. Sebagai contoh nasabah bank tidak memanfaatkan fasilitas E-Banking karena banyak tindak kriminal seperti pencurian account data sehingga uang nasabah hilang secara tiba-tiba. Dengan adanya “Sistem Keamanan Pada Fasilitas IT” sehingga dapat memberikan solusi pada perusahaan khususnya perusahaan bank untuk memperketat keamanan sistem yang berbasis IT.








BAB I
PENDAHULUAN

Manajemen merupakan proses dimana ada suatu organisasi yang terdiri dari beberapa individu-invidu yang terlibat untuk melakukan proses perencanaan, pengorganisasian serta menjalankan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas produksi. Sedangkan Proyek adalah suatu usaha yang kompleks, tidak rutin, dibatasi oleh waktu, anggaran, resourcedan spesifikasi yang telah dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi disimpulkan manajemen proyek dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan perbaikan.
Di Manajemen Proyek dibutuhkan Seorang Manajer Proyek. Seorang manager proyek merupakan seorang professional dalam bidang manajemen proyek. Manajer proyek memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi, arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang berkualitas baik serta memiliki kompetensi yang disyaratkan. Untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
Manajemen Ruang Lingkup
Manajemen Waktu
Manajemen Biaya
Manajemen Kualitas
Manajemen Sumber Daya Manusia


Manajemen Pengadaan
Manajemen Komunikasi
Manajemen Resiko
Manajemen Integrasi

1.1  Latar Belakang
Zaman sekarang perkembangan Teknologi Informatika dari hari ke hari semakin canggih, dari yang awalnya kita harus dipusingkan dengan Teknologi yang begitu rumit dan banyak membuang waktu dan tidak dipungkiri setiap hari masyarakat  membutuhkan teknologi yang dapat membantu aktivitas mereka tanpa harus membuang-buang waktu, khususnya di daerah perkotaan. Orang-orang semakin lama semakin sibuk sehingga mereka menginginkan sesuatu yang instant. Misalnya pada bidang perbankan dulu masyarakat jika ingin bertransaksi harus datang dulu ke bank belum lagi dengan masalah mengantri, tetapi sekarang? masyarakat dimanjakan dengan Teknologi yang mudah dan praktis yang biasa disebut dengan E-banking.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia dengan jumlah penduduk 200 juta lebih. Hal ini membuat persaingan dalam meperoleh pekerjaan sangat ketat mengingat Indonesia merupakan negara yang belum maju (masih berkembang). Karena begitu sulit mendapatkan pekerjaan, berbagai jalan pintas pun dipilih seperti mencuri, merampok, dan berbagai tindakan kriminal lainnya seperti contoh pembobolan sistem dalam jaringan bank. Pada zaman sekarang ini teknologi sudah semakin canggih begitu pula tindak kriminalnya. Proses pengiriman dan transaksi uang sudah bisa menembus ruang dan waktu akan tetapi hal ini tidak lepas dari tindak kriminal. Banyak nasabah bank tidak memanfaatkan fasilitas E-Banking karena banyak tindak kriminal seperti pencurian account data sehingga uang nasabah hilang secara tiba-tiba. Maka dari itu PT Mael IT Corporation didirikan untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi di dunia perbankan.


1.2  Tujuan
Adapun tujuan pendirian perusahaan ini yaitu memperkenalkan produk software yang dapat membantu perusahaan-perusahaan berbasis IT khusunya perbankan untuk :
1.      Memecahkan masalah untuk mengantisipasi praktik cyber crime
2.      Memberikan solusi pada perusahaan khususnya perusahaan bank untuk memperketat keamanan sistem yang berbasis IT, seperti transaksi ATM, E-Banking, proteksi account bank, dll
3.      Mencegah terjadinya kerusakan sistem database, pencurian dan perusakkan data (Cracker)


1.3  Manfaat
Adapun manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan perbankan yaitu :
1.      Terjaminnya keamanan sistem database suatu bank dari berbagai tindak kejahatan seperti pencurian data, perusakkan sistem dan penggandaan data.
2.      Mereduksi tindak kejahatan pada perusahaan perbankan, terutama memperkuat keamanan fasilitas E-Banking dan ATM.









BAB II
ANALISIS PERUSAHAAN

2.1  Prospek Usaha
Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang IT ini dan semakin berkembangnya peran teknologi dalam kehidupan masyarakat, maka perusahaan ini diprediksikan akan terus bertahahan dan maju untuk membantu perusahaan-perusahaan yang berbasis IT khusunya perbankan untuk membantu pengamanan fasilitas IT atau E-Banking pada perbankan sehingga mereduksi terjadinya tindak kriminal.


2.2  Sasaran
Produk software ini bertujuan untuk memberikan sistem keamanan pada fasilitas IT. Sehingga perusahaan-perusahaan yang memiliki fasilitas IT dan sistem database seperti E-Banking pada perbankan menjadi partner yang tepat untuk dijadikan mitra kerja sama dalam pengembangan software ini.

2.3  Evaluasi tentang Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
Dengan produk IT yang berkualitas, perusahaan ini dapat memenuhi kebutuhan client (Perusahaan berbasis IT) yang membutuhkan pengamanan sistem IT perusahaan yang membutuhkan seperti perusahaan perbankan.
Weaknes (Kelemahan)
Persaingan pasar dengan perusahaan luar yang memiliki sumber daya manusia lebih handal dan juga fasilitas teknologi yang lebih memadai.
Oportunity (Peluang)
Peluang sangat terbuka karena banyak perusahaan yang membutuhkan pengamanan untuk fasilitas IT perusahaan mereka
Threaty (Ancaman)
Munculnya Perusahaan – perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami sehingga menimbulkan persaingan.






BAB III
TINJAUAN PUSTAKA

3.1  Pengertian  E-Banking
Perbankan Elekronik (E-banking) yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain:
1.      aplikasi mudah digunakan
2.      layanan dapat dijangkau dari mana saja
3.      murah
4.      dapat dipercaya
5.      dapat diandalkan (reliable)




BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN


4.1  Anggaran Biaya
NO
JENIS BIAYA
RINCIAN
BIAYA (Rp)
1
Penyusunan Anggaran

Rp. 2.000.000
2
Manajemen Proyek
Tim Manajemen Programmer
Karyawan
Rp. 500.000.000
Rp. 100.000.000
3
Hardware
Pembelian Hardware
Pemasangan Hardware
Rp. 800.000.000
Rp. 100.000.000
4
Software
Pembelian Software
Rp. 50.000.000
5
Data
Penginputan Data
Backup Data
Rp. 60.000.000
Rp. 45.000.000
6
Keamanan
Perawatan Keamanan
Rp. 400.000.000
7
Biaya Tak Terduga
Kerusakan Hardware, Dll
Rp. 200.000.000
TOTAL
Rp. 2.657.000.000










4.2         Jadwal Kegiatan
Kegiatan
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Agu
Sep
Okt
Nov
Des
Analisa dan Perencanaan
x











Manajemen Proyek
x











Pembuatan Anggaran
x











Penyediaan Hardware

x










Pemasangan Hardware

x










Penginstalan Software

x










Pembuatan Program


x
x








Penginputan Data




x
x







Pengawasan dan Perawatan Proyek






x
x
x
x
x
x









BAB V
PENUTUP

Kesimpulan dan Saran
E-Banking merupakan suatu fasilitas yang ditawarkan oleh bank untuk membantu orang-orang dalam melakukan transaksi dengan lebih mudah dan praktis tanpa perlu pergi ke Bank. Tentunya fasilitas ini dibuat dengan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Penggunaan Internet dalam teknologi ini semakin membuat orang-orang nyaman karena pastinya teknologi ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun tanpa khawatir terlambat dalam bertransaksi. Melalui penggunaan internet inilah muncul cyber-cyber yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan. Pihak Bank tentunya tidak hanya tinggal diam dalam hal ini. Meningkatkan keamanan dan perawatan fasilitas merupakan suatu layanan untuk memuaskan para pemakai jasa ini. Sehingga kualitas pelayanan E-Banking akan selalu terjaga.





DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking

http://suhanda666.wordpress.com/2011/05/25/e-banking/

http://annabelajarngeblogs.blogspot.com/2012/04/elektronik-perbankan-e-banking.html

http://muaramasad.blogspot.com/2013/01/pengertian-telematika-dan-e-banking.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants